merawat wajah berjerawat dengan spirulina

Selasa, Januari 16th, 2018 - Uncategorized
Spiriluna Kesehatan

contoh Spirulina

 Spirulina adalah tanaman ganggang yang secara alami tumbuh di dalam air, umumnya memiliki warna biru kehijauan. Dalam dunia kecantikan, pemanfaatan spirulina belum begitu populer, padahal di dalamnya terdapat kandungan nutrisi dan protein yang tinggi, pertanda positif untuk dijadikan treatment bagi kulit wajah.

Namun lewat sejumlah penelitian, merawat wajah berjerawat dengan spirulina kemudian menjadi sangat dimungkinkan. Bahkan saat ini spirulina mulai diolah dalam bentuk bubuk maupun tablet dan sudah dipasarkan di apotik umum.

KHASIAT SPIRULINA UNTUK JERAWAT

Spirulina terkenal akan kandungan antioksidan yang begitu tinggi. Begitu juga dengan berbagai kandungan vitaminnya, mulai dari vitamin C, vitamin B1, B5, B6, vitamin E, serta mineral-mineral penting seperti manganese, zinc, beta carotene, coppper, dan amino acid methionine. Tidak sampai di situ, tanaman ganggang ini juga masih menyimpan 18 asam amino yang bermanfaat bagi pertumbuhan kulit dan otot.

Kandungan gamma linnoleic acid di dalam spirulina terbukti baik dalam menjaga kesehatan sel-sel kulit dan otot. Kandungan ini juga termasuk bahan penting dalam proses penyusunan membran sel yang baru. Hasil yang mengejutkan mengingat selama ini kandungan gamma linnoleic acid diketahui hanya ada di dalam buah dan biji-bijian saja.

Nah, mengacu pada kandungan zat dan nutrisi yang ada di dalam spirulina ini, akhirnya para ahli kecantikan mulai menggunakan spirulina sebagai bahan dasar perawatan kulit wajah. Mereka memanfaatkan kandungan vitamin dan mineralnya sebagai skin toner sekaligus penangkal radikal bebas sehingga kulit wajah bisa terlihat lebih kencang dan menghasilkan efek awet muda.

Selanjutnya, spirulina juga dimanfaatkan sebagai masker wajah yang terbukti efektif dalam mengurangi flek hitam, menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata, dan tentu saja untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Khusus untuk pengobatan jerawat yang aktif, spirulina bekerja dengan cara mengeringkan jerawat terlebih dahulu kemudian mempercepat proses pergantian sel-sel kulit mati. Pada akhirnya, masalah jerawat tersebut bisa diatasi secara tuntas.

MERAWAT WAJAH BERJERAWAT DENGAN SPIRULINA

Untuk memulai perawatan wajah berjerawat dengan spirulina ini, kamu bisa membeli ekstrak spirulina yang umumnya sudah dikemas dalam bentuk bubuk. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Campurkan bubuk spirulina dengan air secukupnya.
  • Aduk adonan tersebut secara merata hingga menyerupai krim kental.
  • Bersihkan wajah kamu terlebih dahulu sebelum menggunakan masker spirulina.
  • Terapkan masker spirulina tersebut ke wajah kamu dengan menggunakan kuas.
  • Kamu bisa juga mengoleskannya menggunakan jari, namun pastikan bahwa jari kamu bersih.
  • Biarkan masker spirulina ini selama 15-30 menit atau hingga mengering agar kandungan nutrisinya bisa terserap sempurna ke dalam wajah.
  • Cuci wajah kamu menggunakan air hangat lalu bilas kembali menggunakan air dingin. Penggunaan air hangat bertujuan untuk membuka pori-pori sehingga kotoran yang terjebak di dalamnya bisa keluar dengan sempurna. Sementara itu, penggunaan air dingin berfungsi untuk menutup kembali por-pori tersebut sehingga sulit untuk ditinggali kotoran kembali.
  • Keringkan wajah kamu sambil menepuk-nepuk menggunakan handuk yang berbahan lembut.
  • Setelah itu, rasakanlah sensasi wajah yang lebih halus, lembap, dan juga segar.

Lewat perlakuan rutin, treatment dengan masker spirulina ini tidak hanya membersihkan dan merawat kulit yang berjerawat saja, namun juga membantu untuk memperkuat jaringan kulit melalui zat klorofilnya. Sebagai nilai tambahan, masker spirulina sangat membantu dalam memberikan efek relaksasi pada kulit wajah.

Selain dalam bentuk bubuk, spirulina saat ini bisa juga kamu temui dalam bentuk obat minum (tablet atau kapsul) yang akan membantu perawatan wajah berjerawat itu dari dalam. Spirulina dalam bentuk obat ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi alergi, luka lambung, depresi, dan masih banyak lagi.

***

Sekian ulasan kami mengenai cara merawat wajah berjerawat dengan spirulina. Semoga bisa menambah referensi kamu mengenai perawatan kecantikan secara alami. Semoga bermanfaat.

merawat wajah berjerawat dengan spirulina | oxavrezza@gmail.com | 4.5