Menghilangkan kerutan di wajah dengan instan

Jumat, Januari 12th, 2018 - Kesehatan

Kerutan di wajah

 

Kemunculan kerutan ataupun keriput pada area kulit wajah di usia dini (20-30 tahun) merupakan gejala utama telah terjadinya penuaan dini. Umumnya, kerutan ini muncul akibat beragam faktor, mulai dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, hingga adanya faktor genetika atau keturunan.

Kondisi-kondisi seperti di atas bisa memicu produksi kolagen di dalam kulit menurun secara drastis, yang menyebabkan kulit mulai mengendur akibat kehilangan elastisitas. Kerutan yang muncul itu sendiri akan terlihat sangat dominan pada bagian dahi dan sekitar mata.

CARA AMPUH MENGATASI KERUTAN DI WAJAH

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa ditempuh guna menghilangkan kerutan di wajah, entah itu dengan menggunakan kosmetik, perawatan alami, hingga menggunakan teknologi canggih.

Nah, untuk membantu kamu dalam menangani kerutan di wajah, berikut kami berikan sejumlah cara yang tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Menghindari Paparan Sinar Matahari

Salah satu faktor utama dari munculnya kerutan di wajah adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan ultraviolet di dalam sinar matahari yang menimbulkan radikal bebas dan berpotensi merusak jaringan sel kulit, bahkan bisa berujung pada kanker. Bukan hanya itu, sinar ultraviolet ini juga bisa meningkatkan produksi dari enzim metalloproteinase, sebuah enzim yang membuat kolagen di dalam kulit menjadi pecah, sehingga muncullah kerutan-kerutan pada area kulit wajah.

Berangkat dari kondisi seperti ini, ada baiknya jika kamu berupaya untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama pada pukul 09.00–16.00. Jika keseharian kamu memaksa untuk beraktivitas di bawah matahari yang menyengat, sebisa mungkin gunakan pelindung kulit seperti sunblock dan pakaian yang tertutup.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Konsumsi makanan dengan kandungan kolagen merupakan cara ampuh mengatasi kerutan di wajah secara internal. Hal ini sangat dimungkinkan mengingat kolagen merupakan zat protein dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk menjaga elastisitas kulit yang sekaligus mengurangi berbagai dampak buruk polusi yang bisa menimbulkan keriput pada kulit.

Adapun makanan yang kaya akan kandungan kolagen itu adalah buah lemon, buah jeruk, buah anggur, buah stroberi, ikan tuna, ikan salmon, teh hijau, kacang-kacangan, minyak alpukat, wortel, brokoli, paprika merah, tomat, kenari, delima, serta makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

Mengonsumsi 8 Gelas Air Putih

Selain membantu tubuh untuk terhindar dari dehidrasi, air putih juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, termasuk untuk kecantikan wajah. Bagaimana bisa? Konsumsi air putih 8 gelas sehari secara rutin bisa membantu untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit. Akumulasi dari hal inilah yang diharapkan bisa membantu untuk menghindarkan wajah dari kerutan atau keriput.

Senam Wajah

Mungkin senam wajah bukan hal yang familiar bagi kebanyakan orang. Padalah, senam wajah sangatlah efektif dalam membantu menghilangkan kerutan di wajah. Senam wajah ini sendiri berupa gerakan atau pijatan ringan ke kulit wajah. Memang efek dari senam wajah ini tidak akan kamu lihat secara langsung, namun ketekunan akan membuahkan hasil. Untuk metodenya sendiri, bisa kamu temukan di YouTube.

Hindari Mengerutkan Wajah Terlalu Sering

Kita tentu sering mengerutkan wajah sebagai bentuk ekspresi. Namun sayangnya, terlalu sering mengerutkan wajah justru bisa memicu munculnya kerutan di wajah itu sendiri. Sebut saja saat kita sedang stres dan berpikir keras, maka tanpa tersadar kita akan mengerutkan kening. Jika terjadi secara terus menerus, maka kerutan pada kening akan mudah terlihat. Begitu juga saat kita tertawa terlalu keras atau keseringan menggosok daerah bawah mata yang memicu munculnya garis-garis di sekitar mata.

Gunakan Krim Anti-Aging

Cara ampuh mengatasi kerutan di wajah yang juga wajib untuk kamu coba adalah dengan menggunaan krim anti penuaan atau anti-aging. Kosmetik seperti ini umumnya memiliki kandungan asam vitamin A yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit sekaligus meningkatkan pertumbuhan kolagen di dalam lapisan jaringan kulit.

Namun kamu harus berhati-hati dan lebih selektif dalam penggunaan kosmetik, karena bagaimanapun juga, kandungan bahan kimia yang ada dalam kosmetik itu memiliki efek samping bagi kesehatan kulit. Nah, untuk meminimalisir, sebaiknya konsultasikanlah masalah ini ke dokter kulit, dan hanya gunakan kosmetik yang memang sudah disarankan oleh dokter.

Minyak Zaitun

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan bahan alami, yaitu minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun dalam dunia kecantikan itu sendiri telah dikenal sejak lama, bahkan oleh bangsa Yunani kuno dijadikan sebagai obat awet muda. Hal ini semakin terbukti dengan banyaknya produk-produk kecantikan yang menjadikan minyak zaitun sebagai bahan dasar dari komposisinya.

Kemampuan minyak zaitun dalam mengatasi kerutan di wajah berasal dari kandungan vitamin E dan asam oleat di dalamnya. Kedua kandungan inilah yang akan memberikan asupan nutrisi sekaligus mempertahankan keremajaan kulit. Untuk penggunaannya, cukup oleskan minyak zaitun ini ke wajah yang memiliki keriput pada malam hari sebelum tidur.

***

Nah, itulah sejumlah cara ampuh mengatasi kerutan di wajah yang mungkin bisa kamu coba. Selain mudah, metode yang kami tawarkan ini tergolong cukup mudah untuk diterapkan di rumah. Selamat mencoba!

Menghilangkan kerutan di wajah dengan instan | oxavrezza@gmail.com | 4.5