Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Jumat, Januari 12th, 2018 - Female, Lifestyle

Stretch mark adalah permasalahan pada kulit yang umum dialami oleh wanita, biasanya selama hamil dan setelah melahirkan. Munculnya masalah ini diakibatkan oleh kulit yang mengalami peregangan secara berlebihan. Artinya, bukan hanya wanita hamil yang bisa mengalaminya, namun juga mereka yang mengalami peningkatan dan penurunan berat badan dalam waktu yang singkat di mana kulit meregang melewati batas fleksibilitasnya.

Meskipun kemunculan stretch mark itu ada pada area-area yang tertutup, namun hal ini tetap saja bisa menimbulkan rasa kurang nyaman bagi wanita, terutama saat bersama pasangan.

MENGHILANGKAN STRETCH MARK SECARA ALAMI

Kabar baiknya, stretch mark masih bisa diatasi. Salah satu cara yang paling mutakhir adalah dengan menggunakan teknologi laser. Dalam hitungan detik saja, guratan-guratan yang ada pada kulit akan hilang. Namun tentu saja, Anda harus mengeluarkan kocek yang luar biasa untuk melakukan prosedur ini. Bukan hanya itu, potensi kemunculan bekas stretch mark itu masih memungkinkan saat Anda berhenti melakukan treatment ini.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil keputusan berat tersebut, ada baiknya jika Anda melirik beberapa metode alami berikut. Selain murah dan mudah, efektifitasnya juga  sudah terbukti.

Minyak Zaitun

Sebuah metode yang sudah dilakukan secara turun temurun. Hal ini tak terlepas dari kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang bisa membantu menjaga kadar air di dalam kulit. Bukan hanya itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol yang tinggi, yaitu sebuah antioksidan yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan regenerasi kulit.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke daerah yang memiliki stretch mark. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampur minyak zaitun bersama madu dengan komposisi 1:1. Jika hal ini rutin dilakukan selama mengandung, maka bisa membantu untuk mengurangi munculnya stretch mark  pasca persalinan nantinya.

Minyak Jarak

Selain minyak zaitun, Anda bisa juga menghilangkan stretch mark secara alami dengan menggunakan minyak jarak. Ini dikarenakan minyak jarak memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, di mana vitamin ini berperan penting dalam meregenerasi kulit. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak jarak 2 kali sehari ke area stretch mark.

Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, di mana kandungan ini bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan. Selain itu, di dalam lemon juga terdapat asam alpa hidroksi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang terbentuk di dalam kulit.

Caranya dengan membelah buah lemon yang segar, kemudian oleskan bagian yang terbuka ke kulit yang memiliki stretch mark dan biarkan selama 30 menit, kemudian cuci menggunakan air hangat. Dengan rutin mengoleskan lemon pada stretch mark, maka proses regenerasi kulit akan lebih terpicu yang diharapkan bisa memudarkan stretch mark dalam waktu singkat.

Ampas Kopi

Ampas kopi yang biasa kita temukan tersisa di dasar gelas bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi masalah stretch mark. Alasannya, karena ampas kopi memiliki sifat sebagai scrub alami sehingga efektif untuk mengangkat kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori. Ampas kopi juga bisa membantu untuk  memperbaiki jaringan kulit  yang rusak kemudian merangsang pembentukan sel-sel yang baru.

Caranya dengan mengoleskan ampas kopi ke area stretch mark dengan gerakan memutar layaknya saat Anda melakukan luluran. Biarkan selama beberapa saat hingga kering, kemudian cuci menggunakan air bersih.

Jadi mulai dari sekarang, jangan lagi membuang ampas kopi Anda begitu saja karena ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark secara alami.

Kentang

Kentang merupakan jenis sayuran dengan kandungan mineral yang bisa berperan sebagai antibiotik. Nah, hal inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan regenerasi kulit. Caranya dengan menghaluskan kentang terlebih dahulu hingga menjadi pasta, kemudian aplikasikan ke kulit yang memiliki stretch mark. Setelah 30 menit, bilas menggunakan air bersih.

Cocoa Butter

Cocoa butter sudah terbukti memiliki kandungan yang positif bagi kesehatan kulit. Kandungan itu antara lain potasium, alsium, seng, besi, mangan, serotonin, tritophan, dan vitmain E. Untuk kandungan vitamin E itu sendiri, tergolong memiliki peranan penting  karena bisa membantu dalam melembutkan dan melembapkan, serta menjadi penangkal radikal bebas pada kulit. Untuk penggunaannya, cukup dengan mengoleskan cocoa butter pada area yang memiliki stretch mark dua kali sehari.

Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih termasuk upaya mengatasi stretch mark dari dalam. Jadi, saat kebutuhan cairan tubuh Anda bisa terpenuhi, maka penurunan elastisitas kulit bisa lebih diminimalkan. Dengan demikian, maka proses regenerasi pada kulit juga bisa terjadi lebih cepat. Untuk itu, biasakan meminum 8-10 gelas air putih setiap harinya.

Olahraga

Dari beberapa cara yang sudah diberikan sebelumnya, olahraga merupakan cara yang paling efektif dalam menghilangkan stretch mark. Pasalnya, saat sedang melakukan olahraga, maka secara otomatis kulit akan menjadi lebih kencang sehingga secara perlahan akan mengurangi bentuk dari stretch mark itu sendiri.

***

Nah, dari sejumlah cara menghilangkan stretch mark secara alami yang sudah kami bagikan, manakah yang menjadi pilihan Anda?

Cara menghilangkan stretch mark secara alami | oxavrezza@gmail.com | 4.5