Cara menghilangkan penyesalan di masa lalu

Hidup kita sekarang ini adalah rangkaian dari kisah masa lalu. Ibarat spion pada mobil, selain kita dihadapkan dengan jalan di depan atau masa saat ini, kita juga harus sesekali melihat kebelakang dengan spion yang kita ibaratkan masa lalu itu. Sepahit apapun masa lalu, kita tidak boleh melupakannya. Karena pelajaran yang sangat berharga adalah masa lalu kita sendiri.

Kebanyakan dari kita, masa lalu sering di jadikan ajang penyesalan. Biasanya berkaitan dengan hal keputusan yang kurang tepat. Lalu apakah kita harus menyesalinya terus menerus apalagi putus asa. Jangan sampai penyesalan itu membuat anda makin terpuruk. Ingat tentang hal positifnya, bersyukurlah karena anda di beri kesempatan kedua. Mesti tak sama persis dengan kejadian masa lampau, setidaknya bisa anda petik hikmahnya. Untuk anda yang masih sibuk dengan hal penyesalan, di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan penyesalan di masa lalu:

  1.Mencari sisi lain

Contoh cerita: Mr.X divonis mandul, saat itu istrinya tidak mempermasalahkan. Tetapi Mr.X menyesali atas masa lalu yang dulu suka minum alkohol berlebihan. Sang istri berhasil memotivasi dirinya dan Mr. X pun bisa mengambil sisi positif nya. Sekarang dia aktif di yayasan anak yatim piatu dan sebagai donatur paling di segani di daerahnya.

Walaupun tidak sama dengan harapan yang di inginkan, setidaknya makna yang di dilakukan sama bahkan bisa lebih.

  1. Telusuri pokok permasalahan

Pada dasarnya orang yang punya penyesalan di masa lalu pasti karena ada poin penting yang berhubungan dengan masa sekarang. Cobalah anda telusuri, uraikan semua dari penyebab hingga poin utama yang berhubungan dengan masa sekarang. Setelah semua ketemu, barulah berfikir untuk mengatasi penyebab di masa lalu. Poin utama jadikan peluang baru untuk masa sekarang. Ini akan sama dengan anda mengulangj masa lalu dengan meniadakan persoalan yang jadi biang kerok penyesalan. Kembangkan sesuai dengan apa yang anda harapkan saat ini. Meskipun hal ini tidak mudah setidaknya anda berusaha mengobati rasa penyesalannya. Apakah sesuai harapan atau tidak itu di ukur dari kemampuan yang anda miliki juga. Untuk apa menyesal kalau semua itu diluar batas kapasitas kita. Jangan mengharapkan lebih, akan tetapi berharap mampu menghilangkan penyesalan tersebut.

 3. Berubah dan ikuti kata hati

Setelah anda tahu segalanya dari semua persoalan berhentilah untuk menghakimi diri. Raihlah saat ini dengan pribadi yang lebih baik agar terhindar dari persoalan masa lampau yang bisa membuat anda menyesal di kemudian hari. Ikuti kata hati jangan hanya pikiran saja yang di ikuti. Mulailah belajar mengetahui perbedaan antara pikiran logika dengan kata hati. Memang keduanya harus selaras. Penyebab konflik yang ada di dunia ini adalah karena meniadakan keselarasan atara logika dengan kata hati. Selalu membuat hati bersih maka akan tercipta kata hati yang bisa untuk pedoman dalam menjalani hidup. Ketika mengingkari kata hati dan berpedoman pada ego dan nafsu hasilnya akan menjadi sebuah penyesalan terulang kembali. Kata hati juga mampu menggerakkan manusia melakukan hal yang terbaik. Penyesalan itu tidak akan pernah menyenangkan. Selalu berbuah ketidaknyamanan dan keputus asaan. Oleh sebab itu kita harus selalu mendengarkan kata hati dalam setiap keputusan yang diambil.

 

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan penyesalan di masa lalu.

Cara menghilangkan penyesalan di masa lalu | oxavrezza@gmail.com | 4.5